Dikepung Lumpur, Warga Tanggulangin Jual Rumah

Sidoarjo – Lautan lumpur Lapindo mulai mengepung Perumahan Tanggulangin Sejahtera, Sidoarjo, Jawa Timur. Akibatnya, warga mengungsi. Bahkan beberapa ada yang jual rumah. Berminat? Rumah yang dijual salah satunya milik Sukardi, warga Blok A9 Perumahan Tanggulangin Sejahtera. Tepat di muka pintu rumah tipe 36 dan telah direnovasi ini dipasangi tulisan “Rumah ini dijual segera”. “Saya jual saja, masalahnya lumpur ini belum tentu 1-2 bulan dapat diatasi.

Siapa tahu ada yang beli,” kata Sukardi yang siap-siap mengungsi ini kepada detikcom, Rabu (5/7/2006). Selain Sukardi, ada dua rumah yang juga dijual pemiliknya. “Kebanyakan rumah itu dijual karena lumpur Lapindo,” cetus Sukardi. Pantauan detikcom, di pintu masuk perumahan telah dibangun tanggul dari pasir yang dimasukkan ke dalam karung setinggi 1 meter. Luapan lumpur tampak mengganas hampir melewati batas tanggul.

Lumpur menyerbu perumahan tersebut dikarenakan tanggul yang ada di balai desa Kedungbendo jebol, serta arus lumpur dari Lapindo semakin deras. Sementara dari jarak 50 hingga 100 meter, air lumpur mulai menggenangi perumahan warga. Warga pun mengantisipasi dengan membangun tembok setinggi 1 meter tepat di depan rumah mereka. “Baru satu bulan saja lumpur sudah segini. Bagaimana kalau lebih dari satu bulan, bisa-bisa perumahan ini tenggelam oleh lumpur,” keluh Amin, salah seorang warga. Beberapa warga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sementara tanggul Kedungbendo yang jebol tengah diperbaiki dengan mengerahkan 2 alat berat milik Yon Sipur V Brawijaya. (aan/)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: