Ketua DPRD Surabaya Jual Rumah untuk Kembalikan Uang Gratifikasi

Ketua DPRD Kota Surabaya, Musyafak Rouf, mengaku, mengembalikan uang gratifikasi senilai Rp 470 juta kepada pejabat pemerintah kota (pemkot) Surabaya, dari hasil jual rumah pribadinya.

“Saya terpaksa jual rumah untuk mengembalikan uang itu,” katanya saat dimintai keterangan sebagai saksi dalam sidang kasus gratifikasi senilai Rp 720 juta dengan terdakwa Soekamto Hadi (Sekkota Surabaya), Mukhlas Udin (Asisten II Sekkota), dan Purwito (Kabag Keuangan Pemkot Surabaya) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (11/5).

Menurutnya, tak satu pun rekan-rekannya di DPRD Kota Surabaya yang mengembalikan uang gratifikasi yang diterimanya dari ketiga pejabat tersebut pada tanggal 28 November 2007.

“Teman-teman tidak ada yang mengembalikan, karena sudah telanjur dipakai. Tapi ada juga yang belum diambil,” kata Musyafak yang juga berstatus sebagai terdakwa kasus itu.

Demikian pula dengan Wahyudin Husen sebagai saksi pelapor, menurut Musyafak, juga tidak mau mengembalikan.

“Dia itu punya utang pada saya sebesar Rp 44 juta dan sampai sekarang belum dikembalikan,” kata Musyafak mengungkapkan alasannya mengenai tak diberikan uang tersebut kepada Wahyudin yang sama-sama anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)itu.

Ia mengatakan, dari dana sebesar Rp 470 juta itu, dia berhak mendapatkan Rp 20 juta.
“Untuk pimpinan Rp 15 juta perorang. Semuanya sudah kami bagikan,” papar Musyafak.

Menanggapi, sebagian besar anggota DPRD Kota Surabaya yang mengaku tidak mendapatkan pembagian uang Rp 470 juta itu, ia menyatakan, itu hak mereka.

“Mereka mau mengaku atau tidak, itu hak mereka. Yang jelas, saya sudah melaksanakan tugas,” kata Musyafak.

Sebelumnya, para pimpinan dan anggota DPRD Kota Surabaya yang dihadirkan dalam sidang itu mengaku baru tahu ada gratifikasi sebesar Rp 470 juta itu saat menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim.

Berbeda dengan gratifikasi senilai Rp 250 juta, semua pimpinan dan anggota DPRD Kota Surabaya mengakui menerimanya. ant~ http://www.surya.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: