Trik Untuk Jual Rumah

Jangan putus asa bila rumah anda belum terjual. Berikut trik-trik untuk menambah nilai jual rumah Anda:

1. Meskipun Anda sudah tidak tinggal di rumah tersebut, lakukan makeover pada rumah Anda. Tak sekadar menyapu dan mengepel, tetapi bila perlu juga mencat kembali, memperbaiki kloset yang jebol, dan mengganti atap yang bocor. Orang akan lebih senang melihat rumah yang sudah siap huni, ketimbang yang perlu banyak perbaikan.

2. Jika Anda masih menempati rumah Anda, selalu rapikan rumah seolah Anda akan menerima kunjungan Barack Obama. Bersihkan lumut di dinding tempat cuci di belakang rumah, buang berkas-berkas atau peralatan yang sudah tidak dipakai, semprot pewangi toilet supaya terasa segar. Rumah yang rapi akan memberikan kesan hommy.

3. Pamerkan hiasan yang lebih umum, daripada yang terlalu etnik atau agamis. Tidak semua calon pembeli tertarik atau terkesan pada pernak-pernik yang terlalu spesifik menonjolkan etnis atau agama tertentu.

4. Anda senang dengan cat rumah yang berwarna mencorong, seperti hijau, pink, atau kuning. Namun, calon pembeli bisa saja menganggapnya norak. Ganti cat pada fasad rumah dengan warna yang lebih tenang. Bila perlu, pilih cat oplosan yang warna-warnanya terkesan unik, tidak pasaran.

5. Pindahkan beberapa perabotan dari ruang tamu atau ruang makan ke ruangan lain untuk memberi kesan lapang. Bila memungkinkan, titipkan dulu perabotan yang tak perlu ke rumah keluarga atau teman.

6. Ini juga penting. Tak perlu memberitahu calon pembeli jika rumah Anda punya “penghuni” lain, atau pernah ada kejadian-kejadian aneh di rumah. Barangkali Anda hanya ingin beramah-tamah pada tamu. Namun, hal ini hanya akan mengurungkan niatnya untuk membeli.

Pembeli bisa saja memperbaiki sendiri rumah Anda nanti. Namun, kesan tentang rumah Anda saat ini akan lebih membekas dalam ingatannya. Bila keadaan rumah lebih siap huni, percayalah, harga rumah pun akan naik dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: