Harga Jual Tanah Rumah Susun

Departemen Pekerjaan Umum mengusulkan besaran Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah negara untuk rumah susun sederhana milik (rusunami) maksimal Rp 1 juta per meter persegi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Budi Yuwono menjelaskan, biaya konstruksi tiap meter persegi rumah susun mencapai Rp 2,77 juta. Dengan harga jual rumah Rp 144 juta, harga tanah yang pantas sesuai kemampuan masyarakat, maka nilai jual tanah yang wajar sebesar Rp 1 juta per meter persegi. “Bisa kurang, tapi tak bisa di kota,” kata dia di kantornya, kemarin. Usulan tersebut akan disampaikan ke Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk dinilai pantas atau tidaknya.
Pemerintah sedang mengusahakan pelepasan tanah negara dengan harga di bawah nilai jual tanah. Tanah-tanah ini akan digunakan untuk pembangunan rumah susun bagi masyarakat dengan penghasilan maksimal Rp 4,5 juta. Salah satu lokasi rumah susun yang terganjal aturan ini yakni Kemayoran. Nilai jual tanah di kawasan itu mencapai Rp 5 juta, sehingga tak layak untuk dijadikan rumah susun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: